Kunjungan Sinjai ke Luwu Timur Berguru Pengelolaan Sampah

Luwu  Timur – Pemerintah Kabupaten Sinjai Studi Banding Pengelolaan Sampah ke Dinas Lingkungan Hidup Luwu Timur. Kabupaten Luwu Timur setelah mendapat rekomendasi dari DLH Provinsi Sulawesi Selatan dan Universitas Hasanuddin (Unhas). Rombongan studi banding ini dipimpin Kepala Bapelitbangda Sinjai, Asdar Amal Darmawan dan diterima langsung Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam di Aula Dinas Lingkungan Hidup Luwu Timur, Rabu (03/07/2019).

Menurut Asdar, studi banding di Kabupaten Luwu Timur dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari Unhas bahwa Luwu Timur merupakan kabupaten terbaik dalam pengelolaan sampah di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Jika ada Kabupaten di Sulsel yang terbaik caranya mengelola sampah kenapa kami mesti ke Luar Sulsel," ujar Asdar.

Asdar yang hadir bersama rombongan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sinjai, mengungkapkan bahwa kehadirannya di Bumi Batara Guru untuk mempelajari tata cara pengelolaan sampah yang baik dan bernilai ekonomis. Selain itu juga untuk melihat Laboratirium Lingkungan Hidup, Bank Sampah dan Tempat Pembuangan Akhir yang telah dikelola Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu Timur.

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat datang di Luwu Timur kepada delegasi dari Sinjai. Untuk pengelolaan sampah di Luwu Timur memang sudah banyak mendapat pengakuan baik dari kementerian hingga kalangan Akademisi.

Hal ini tidak terlepas dari peran aktif pemerintah yang melakukan berbagai intervensi sehingga pengelolaan sampah di Lutim semakin hari makin baik. Selain adanya campur tangan pemerintah, DLH Lutim ternyata punya inovasi tersendiri sehingga program ini sangat nampak hasilnya di masyarakat.

"Terus terang hadirnya Bank Sampah di Lutim pelan namun pasti mengubah cara pandang masyarakat terhadap sampah, jika dulu warga membuang sampah seenaknya sekarang sampah malah disimpan dan di jual ke bank sampah,” urai Irwan.

Usai melakukan tatap muka, DLH Luwu Timur mendampingi rombongan Pemkab Sinjai ke Bank Sampah. Rombongan dari Sinjai ini di perlihatkan lokasi Bank Sampah yang tetap rapi, bersih dan indah. Setelah itu mereka diperlihatkan administrasi transaksi sampah di Bank Sampah, kemudian melihat langsung tabungan Sampah yang menumpuk dan proses pengepakan sampah yang telah di pres.

Tak lupa pula DLH Luwu Timur memperlihatkan proyek perubahan inovasi PAPA MANGGOT yang saat ini dikembangkan untuk dijadikan pakan ternak. Fungsi utama MANGGOT tersendiri dapat mengurangi permasalahan limbah rumah tanggah dengan melalui proses biologis menggunakan lalat hitam (MANGGOT) berdasarkan siklus kehidupan yang berkisar 15-21 hari untuk menjadi LARVA.

Andi Tabacina, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Luwu Timur saat dikonfirmasi menerangkan, delegasi Lingkungan Hidup dari Sinjai ini ingin belajar cara menangani sampah perkotaan, pengelolaan sampah rumah tangga sampai ketempat pemerosesan akhir. Juga mempelajari sumber penganggaran termasuk regulasi yang terkait pengelolaan sampah.

Tabacina mengakui selama ini DLH Lutim sangat konsisten dengan programnya, melibatkan banyak orang termasuk pihak perusahaan sehingga pengelolaan sampah Luwu Timur ini memberikan hasil. (Adm.DLH)

 

Kontak

  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  0474 321005
  Jl. Soekarno Hatta Puncak Indah, Malili

Kunjungi Sosial Media